LP2M INSUD LAMONGAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN JURNAL SINTA DAN TERINDEKS INTERNASIONAL

Institut pesantren Sunan Drajat melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatkan kapasitas dan kemampuan pengelolaan jurnal menuju peningkatan akreditasi sinta, kegiatan ini di ikuti oleh seluruh jajaran intitusi dari Warek I, Warek II, LPM, LP2M, Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi dan seluruh editor yang mengelola jurnal yang berada di naungan LP2M.

Kegiatan ini diselenggarakan LP2M Institut pesantren Sunan Drajat yang mendatang pemateri dari Universitas K.H. Abdul Chalim Pacet Mojokerto yaitu Bpk. Dr. Anas Ma’arif, M.Pd selaku Ketua PDTII dan menjadi Managing Editors Jurnal Sinta 2 dan 3 dan juga menjadi SekProdi S3 MPI dan Bpk. Dr. Ari Kartiko, M.Pd selaku coordinator penjaminan mutu FPMPI juga LPM UKHAC dan juga Managing Editors Jurnal Sinta 2 dan 3.

Bpk Dr. Nasihin Selaku Warek I menjelaskan Penulisan artikel ilmiah serta pengelolaan jurnal di masing-masing institusi pendidikan saat ini berkembang sangat pesat. Sebagai seorang akademisi terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi bahwa salah satu kewajibannya adalah melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat maka luaran dari penelitian tersebut diharapkan dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah yang terpublikasi baik nasional maupun Internasional. Selain itu, pengelolaan jurnal di masing-masing institusi pendidikan harus selalu ditingkatkan mulai dari manajerialnya yang sudah memiliki ISSN diharapkan jurnalnya segera terakreditasi.

Bpk H. Ahmad Afan Zaini, M.M selaku ketua LP2M menjelaskan adanya kegiatan ini ingin menjadikan pengelolaan jurnal bertambah baik dan semua editor meningkat kompetensinya karena jurnal yang berada di naungan LP2M saat ini semakin baik berkembang dari sebelumnya, sekarang semua prodi seudah mempunyai jurnal masing-masing dan juga ada dalam prodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam saat ini sudah mempunyai 3 jurnal, dan juga ada yang sudah terakreditasi Sinta yaitu Jurnal Prodi MPI Ter adreditasi sinta 4 dan Jurnal Keris yang di pegang LP2M ter kareditasi sinta 5, oleh karena itu harapannya nanti terus bertambah mulai kualitas dan kuantitas agar bisa menaikkan reting institusi dan juga bersaing dalam penelitian maupun pengabdian nya.

Bpk Dr. Anas Ma’arif, M.Pd memberikan arahan dalam meningkatkan jurnal itu dengan kolaborasi mulai dari institusi, pengelola jurnal harus sama-sama membantu agar dan saling memahami karena manajemen dalam jurnal harus jalan dan sesuai dengan bidang keahlian, editor yang baik diharapakan bisa melaksanakan tugasnya dan mencari review dari luar negeri yang bisa di ajak kerjasama. Karena kualitas jurnal yang baik itu sesuai prosedur dan bisa berjalan semua editor dan reviewer.

Bpk. Dr. Ari Kartiko, M.Pd pemateri ke dua membedah salah satu jurnal yang ada di jurnal mudir prodi MPI beliau menegaskan bahwa jurnal harus sesuai scope ke ilmuan prodi masing-masing dan tidak boleh menjadikan penulis kabur dalam pembahasannya, template di usahakan konsisten dan menampakkan ciri khas prodi maupun institusi, editor di harapkan memahami isi jurnal bukan hanya menerima dan mempublish saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *