PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL INTERNASIONAL LP2M INSUD LAMONGAN

Memasuki era globalisasi yang ditandai dengan informasi yang begitu cepat dan dinamis, para dosen dituntut untuk terus meningkatkan kualitas karya tulisnya. Memahami hal tersebut, Pada hari Selasa, 23 April 2024 LP2M INSUD Lamongan menggelar kegiatan pelatihan penulisan artikel internasional khusus untuk dosen sivitas INSUD Lamongan. Acara yang berlangsung di Ruang Pertemuan INSUD Lamongan ini diikuti oleh Dekan, Kaprodi, Dosen-dosen dari program studi, maupun editor jurnal.

Pembukaan acara disampaikan oleh Ketua LP2M, H. Ahmad Afan Zaini, M.M. M.Pd Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa kemampuan menulis artikel internasional bukan lagi menjadi pilihan, melainkan keharusan bagi para dosen. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dan mengukuhkan reputasi perguruan tinggi di mata dunia internasional.

Sebagai narasumber, Prof. Dr. Ilyas Supena, M.Ag, dari Universitas Negeri Semarang memaparkan dengan detail teknik-teknik penulisan artikel yang memenuhi standar internasional. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya melakukan riset yang berkualitas dan memiliki nilai inovasi. Penulisan harus dilakukan dengan sistematis, kritis, serta sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku di jurnal-jurnal internasional.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, para dosen dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang penulisan artikel internasional. Selain itu, semangat untuk berkontribusi aktif dalam dunia publikasi ilmiah internasional diharapkan semakin tumbuh. Pelatihan ini menjadi salah satu upaya konkret dari LP2M INSUD lamongan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan publikasi. Dengan semakin banyaknya dosen yang mampu mempublikasikan karyanya di jurnal internasional, diharapkan reputasi Sivitas akademika INSUD Lamongan pada umumnya dapat terus meningkat.

Tujuan utama kegiatan ini untuk membangkitkan motivasi pentingnya publikasi ilmiah, memberikan tips dan trik dalam menembus publikasi pada jurnal internasional bereputasi, dan membantu proses/pendampingan untuk menulis, mengirim, dan menjawab/menanggapi hasil review pada jurnal ilmiah internasional bereputasi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan bagi para peneliti yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal internasional, khususnya bagi dosen/peneliti muda di lingkungan sivitas INSUD Lamongan
  2. Mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah bagi para dosen/peneliti
  3. Menjalin hubungan yang erat antara para peneliti di masing-masing rumpun bidang
    penelitian
  4. Mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para dosen/peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *