PROFIL

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) INSUD Lamongan merupakan salah satu prodi di bawah naungan Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan selain prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). INSUD Lamongan merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Formal di Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.

Prodi MPI mulai beroperasi pada tahun akademik 2014-2015 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Agama Islam No. 3656 dengan Ijin Operasional pada tanggal 01 Juli 2014 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam No. 3656.

Prodi MPI bertekad untuk menghasilkan lulusan dengan standar akademik yang ditetapkan dalam sasaran mutu. Langkah strategis pengembangan Prodi MPI bertumpu pada upaya penguatan iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kependidikan Islam. Prodi MPI memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana kependidikan Islam profesional yang mampu menguasai, mengembangkan, sekaligus mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, utamanya di bidang manajemen pendidikan Islam

Profil Lulusan Prodi MPI meliputi bidang profesi berikut ini:

  •  Tenaga Kependidikan
  •  Pengelola Lembaga Pendidikan
  • Edupreneur
  • Peneliti bidang Manajemen Pendidikan Islam

Sebagai tenaga Pendidikan diharapkan lulusan MPI INSUD Lamongan mampu menjadi tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang memiliki kepribadian baik sesuai dengan nilai-nilai Islam, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang manajemen pendidikan serta mampu menerapkan teori-teori manajemen pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaannya.

Sebagai pengelola Lembaga Pendidikan, diharapkan lulusan MPI INSUD Lamongan mampu mengelola  lembaga  pendidikan  baik  formal  maupun  non  formal, memiliki  kepribadian  yang  baik sesuai dengan nilai-nilai Islam,  berpengetahuan  luas  dan  mutakhir  di  bidang manajemen    pendidikan    serta    mampu    menerapkan    teori-teori    manajemen pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaannya

Sedangkan sebagai wirausahawan bidang Pendidikan (edupreneur) diharapkan lulusan MPI INSUD Lamongan mampu menjadi entrepeneur dalam bidang pendidikan yang kreatif, inovatif, dan produktif, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Dan sebagai peneliti bidang Manajemen Pendidikan Islam, lulusan MPI INSUD Lamongan diharapkan bisa menjadi peneliti yang produktif  pada   bidang   manajemen   pendidikan  Islam yang mengusai metode penelitian dengan baik, dan mampu mengevalusi pelaksanaan pengelolaan pendidikan baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal serta mampu membuat laporan penelitian dengan baik sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.

Silahkan hubungi kami di:

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan.

Alamat: Komplek Pondok Pesantren Sunan Drajat, Banjarwati, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Telpon: (0322) 4661311.

E-mail: mpiinsudlamongan@gmail.com/ info@insud.ac.id