PRODI MPI INSUD LAMONGAN MENJADI PUSAT PERHATIAN DI TEMU TAHUNAN FPMPI KOPERTAIS IV SURABAYA 2023

Forum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (FPMPI) Kopertais IV Surabaya Jawa Timur bekerjasama dengan Prodi MPI STAI Al Fitrah Surabaya sukses menyelenggarakan kegiatan tahunan FPMPI di Kota Pahlawan Surabaya Jawa Timur pada tanggal 19 Maret 2023. Kegiatan temu tahunan yang diikuti oleh Kaprodi, sekprodi dan dosen prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) kopertais IV Surabaya berjalan lancar dan sukses.

Forum Prodi Manajemen Pendidikan Islam (FPMPI) merupakan wadah komunikasi dan silaturrahmi bagi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) kopertais wilayah IV surabaya. FPMPI berdiri sejak tahun 2016 hingga saat ini masih eksis sebagai wadah bersama. Tema kegiatan Temu tahunan FPMI kali ini adalah “Optimalisasi Peran FPMPI untuk kemajuan Prodi MPI Kopertais Wilayah IV Surabaya” dengan berbagai rangkaian kegiatan yang meliputi: 1. Rapat Kerja FPMPI yakni merumuskan program kerja kepengurusan FPMPI tahun 2023-2026. 2. Focus Group Discussion membahas tentang Akreditasi Program Studi MPI oleh LAMDIK 3. Penyerahan Penghargaan kepada Program Studi MPI dan peserta temu tahunan FPMPI 2023.

Kegiatan Temu Tahunan FPMPI 2023 yang disetting ringkas, padat dan full sehari ini dimulai pukul 08.30 wib pada sesi pertama acara pembukaan yang diisi dengan istighasah, sambutan-sambutan dan do’a penutup. Sambutan pertama dari tuan rumah yang diwakili oleh H. Abdul Azis, M.H.I (Wakil Ketua 1 STAI Al Fithrah Surabaya), dilanjutkan sambutan oleh Fathur Rosikh, M.Pd (Ketua FPMPI Kopertais IV Surabaya/Dekan Fakultas Tarbiyah INSUD Lamongan) kemudian sambutan terakhir oleh Dr. Arif Mansyuri, M.Pd. (Ketua Tim Ahli Kopertais IV Surabaya) yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa FPMPI perlu menginisiasi pembuatan buku pedoman kurikulum sebagai acuan khusus untuk semua prodi MPI se Kopertais IV sebagaimana yang telah dibuat oleh PPMPI untuk acuan prodi MPI secara Nasional, selain itu juga mendorong agar para Dosen membuat buku ajar/referensi dan bahwa setiap prodi di wilayah Kopertais IV Surabaya perlu membuat jurnal Prodi masing masing termasuk prodi MPI.

Setelah ISHOMA, kegiatan dilanjutkan sesi kedua yakni FGD terkait Akreditasi oleh LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan), dalam hal ini Kaprodi MPI STAIMA Al-Hikam Malang (Zaedun Na’im, M.Pd.I) dan Kaprodi MPI INSUD Lamongan (M. Hasyim Rosyidi, M.Pd) sebagai narasumber membagikan pengalamannya terkait proses dan tahapan akreditasi LAMDIK, mulai dari persiapan dan pengisian instrumen akreditasi LAMDIK yakni LED (Data Kualitatif) dan APS (Data Kuantitatif), kemudian daftar akun di SIMA LAMDIK, pembayaran biaya akreditasi, submit borang, hingga pemenuhan AK (Asesmen Kecukupan) dan pelaksanaan AL (Asesmen Lapangan) hingga sertifikat akreditasi LAMDIK tersebut diterbitkan dengan nilai masing-masing; MPI STAIMA Al-Hikam Malang (Baik Sekali) dan MPI INSUD Lamongan (Unggul).

Adanya kegiatan ini, Pimpinan yg berada di PTKIS di harapkan mampu memikirkan dan memajukan intitusi yg di naunginya, adanya perkumpulan ini bisa lebiha akrab dan bisa menajalin kerjasama dan komunikasi yang baik. Setiap prodi di harapakan mengembangkan diri melalui mengikuti pelatihan tentang SDM atupun kurikulumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *