Seminar Motivasi, “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Era New Normal”

Peserta didik SMA Ahmad Yani 2 Baureno Bojonegoro antusias mengikuti seminar.

Kelompok 20 PPL INSUD 2021 menyelenggarakan Seminar Motivasi dengan tema “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Era New Normal” (28/2/2021) di Aula SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Sekitar 100 peserta didik mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias.

Usman, S.Pd., selaku kepala sekolah dalam sambutannya menyebutkan bahwa seminar motivasi ini penting bagi peserta didik. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat mengambil pengetahuan sekaligus termotivasi untuk belajar.

Dr. Siswadi, S.Ag., S.Pd., M.Pd.I., memberikan materi seminar

Dr. Siswadi, S.Ag., S.Pd., M.Pd.I., sebagai pemateri sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam INSUD Lamongan menjelaskan bahwa menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap orang. Yang penting tujuannya adalah ibadah. Kewajiban menuntut ilmu pada ilmu yang bisa memberikan manfaat kehidupan dunia dan akhirat. Beliau juga menjelaskan bahwa Etika menuntut ilmu itu ada 9 yaitu niat, memilih ilmu, menghormati ilmu dan ulama’, tertib, tawakal, memanfaatkan waktu, kasih sayang, memberi nasihat, mengambil pelajaran dan wara’/berhati-hati.

Abidatul Lutfiyah, mahasiswa Prodi PBA sekaligus ketua panitia kegiatan ini menjelaskan bahwa seminar ini diadakan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik yang menurun akibat pelaksanaan pembelajaran yang berbeda dengan sebelum adanya pandemic COVID-19. Proses pembelajaran harus dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan dan dibagi menjadi 2 tahap.

Syindi Dewi Rahayu dan Elly Rohmawati, mahasiswa Prodi MPI menjadi pembawa acara dalam kegiatan Seminar Motivasi di SMA Ahmad Yani 2 Baureno, Bojonegoro.

Mahasiswa Prodi MPI bersama seluruh anggota kelompok 20 PPL bergerak sebagai panitia untuk mensukseskan acara ini. Muslih, M.Pd.I., selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang dosen tetap Prodi MPI senantiasa membimbing mahasiswa untuk melakukan yang terbaik dalam bertugas. Melalui kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami teori yang dipelajari selama perkuliahan dan membuat karya nyata di bidang pendidikan.

(Penulis: Elly Rohmawati, Mahasiswa Prodi MPI, angkatan 2017, anggota PPL INSUD Kelompok 20 tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *