Seiring dengan kemajuan zaman dan tuntutan di dunia pendidikan untuk tampil ke depan, maka dituntut kita dalam meningkatkan bibit Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki rasa keintelektualan, kreativitas, inovatif dan berakhlak mulia yang cukup berpotensi sehingga dapat menggunakan keilmuannya dalam kehidupan masyarakat. Untuk memenuhi tuntutan ini maka mahasiswa harus membekali dirinya dengan ilmu[1]ilmu yang dibutuhkan, dalam kehidupan kampus hal itu dimungkinkan dengan diberinya kebebasan beraktivitas dan berkreativitas selama batas-batas wajar tertentu. Mahasiswa dituntut untuk belajar banyak, bukan hanya dari bangku perkuliahan saja tetapi ia juga harus mencarinya dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler atau di luar bangku kuliah. Maka dari itu, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memaknai dari berbagai aspek permasalahan. Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cakap ilmu dan menjadi agen perubahan sosisal (agent of social change). Perguruan tinggi sebagai salah satu entitas dalam penyelenggara dan pelaksana pendidikan di tuntut untuk mampu menciptakan generasi yang handal dan mampu bersaing dikemudian hari, sehingga dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik diantara berbagai pihak untuk mampu mencapai cita-cita besar tersebut. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam merupakan salah satu program studi di INSUD Lamongan yang berkonsentrasi dalam bidang manajemen pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, program studi manajemen pendidikan islam diharapkan memberikan dampak positif bagi mahasiswa INSUD Lamongan, khususnya yang berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dengan era revolusi industry 4.0 yang selalu diarahkan melalui jaringan internet dan bahkan tidak perlu bertatap muka dengan dosen ataupun guru, siswa dapat melakukan pembelajaran secara mandiri, selain itu mahasiswa/siswa sangat mudah mengakses sumber materi perkuliahan tinggal search di internet saja. Dengan serba kemudahan yang disuguhkan pada era revolusi industry 4.0 ini akan terjadi delimatis, satu sisi memberikan kemudahan dalam mencari sumber ilmu selain dari dosen, sisi lain dengan kemudahan itu tanpa didukung karakter yang baik maka akan sangat berbahaya sehingga siswa /mahasiswa bisa tidak terkontrol untuk mengakses semua sumber materi apakah sumber materi yang ataupun ataupun sumber materi yang bisa menyesatkan generasi muda kita. Sebenarnya sistem, ataupun alat apapun yang membantu manusia adalah merupakan ciptaan manusia sendiri sehingga jika manusia nya sendiri tidak memiliki karakter baik maka hasil ciptaaan akan tidak baik dan sebaliknya. Dari kegelisaan itu kami mengangkat Tema seminar “Pendidikan Islam Abad 21 Selaras Kebutuhan Kerja Lulusan Di Era Revolusi Industri 4.0”

Prodi manajemen Pendidikan Islam Institut Pesantren Sunan drajat mengadakan Event Management yang merupakan wadah untuk meningkatkan kompetensi pendidikan serta mutu pendidikan dalam meningkatkan karakter peserta didik ataupun masyarakat. Oleh karna itu Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) setiap tahunnya mempunyai progam unggulan “Event Management”, selain untuk meningkatkan kompetensi dan mutu pendidikan progam ini juga guna melatih mahasiswa MPI dalam segi pengelolaan atau manajemen mahasiswa.

https://www.youtube.com/live/mJLjwp3Lcz4?si=XrDsEeFuYWKqGOLy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *